Mechanical - Electrical Engineering

Sabtu, 07 Desember 2013

ACTI 9 Teknologi Ramah Lingkungan


Schneider Electric sebagai salah satu industri electrical equipment terbesar di dunia, telah meluncurkan sebuah produk terbaru yang ramah lingkungan yaitu Acti 9. Sebuah inovasi terkini dalam sistem distribusi listrik modular tahap akhir yang terintegrasi lengkap yang memiliki berbagai fitur eksklusif seperti VisiTrip, VisiSafe dan Class 2 front Face. Dengan adanya Acti9, Schneider Electric semakin menunjukan kemampuannya sebagai perusahaan global yang memiliki spesialisasi dalam manajemen energi. Acara peluncuran Acti 9 dibuka oleh Riyanto Mashan selaku Country President Schneider Electric Indonesia. Presentasi produk dilakukan oleh Victor Caseiro, FD Business Development VP APAC dan dilanjutkan secara lebih detail oleh Adi Darmadi selaku Marketing Director Schneider Electric Indonesia.

Acti 9 hadir dengan 22 paten baru yang dilengkapi dengan kemudahan pemantauan dan pengontrolan energi pada rangkaian distribusi listrik akhir. Pada sistem generasi terdahulu, proses integrasi panel distribusi, pengendalian sistem jarak jauh dan pemasangan kabel, menjadi hal yang sulit dan menyita waktu bagi para system integrator, panel builder, hingga tim pemeliharaan yang bertugas memastikan sistem selalu beoperasi dengan lancar. Dengan Acti 9, integrasi panel distribusi akhir dengn sistem selalu beroperasi dengan lancar dengan sistem pengelolaan fasilitas gedung menjadi sangat mudah, termasuk solusi penghematan energi.

Menurut Rianto Mashan Country President Schneider Electric Indonesia, Schneider Electric memahami kebutuhan akan instalasi, kinerja dan pemeliharaan yang sederhana dan bebas gangguan. “Oleh karena itu kami merancang Acti 9 beserta sistem komunikasi Smartlink agar mudah digunakan, siap terhubung dan mudah diintegrasikan dengan arsitektur pengelolaan fasilitas gedung lainya”, ungkapnya.

Lebih jauh dia menyatakan, Acti 9 menggabungkan antara sistem kontrol dan sistem proteksi yang optimal, yang saat ini menjadi komponen yang penting dari solusi penghematan energi, bahkan di lingkungan tersulit-pun. Dengan sistem komunikasi dan proteksi yang inovatif, Acti 9 memudahkan integrasi antara panel distribusi akhir yang konvensional dengan fasilitas pengaturan sistem menggunakan modul Smartlink. Smartlink ini memudahkan pemasangan komponen Acti 9 ke fasilitas DIN rail tanpa kesalahan menggunakan sistem pengkabelan yang tersedia. Pada kenyataannya, lamanya waktu pemasangan kabel dapat dikurangi  hingga 40%. Smartlink menggunakan Modbus Communication yang menyesuaikan secara otomatis kepada parameter yang dimiliki pengguna, sehingga dapat disesuaikan dengan segala pengembangan sistem yang akan dilakukan di masa datang. Komponen kontrol lainnya seperti Reflex iC60 dan ARA iC60 dapat bekerja secara simultan dengan Smartlink, sehingga Acti 9 dapat menyesuailkan dengan kebutuhan yang dinamis dengan aplikasi efisiensi energi yang beragam.

Seluruh fitur-fitur yang terdapat dalam produk Acti 9 adalah penggabungan dari pengalaman Scheneider selama 40 tahun berkiprah di bidang kelistrikan. Produk Acti 9 berbahan dasar ramah lingkungan yang dapat didaur ulang. 


Sumber : Scheneider Electric Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar