Mechanical - Electrical Engineering

Kamis, 28 Juli 2011

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Dasar pemikiran Pembangkit Listrik berbahan bakar minyak pada umumnya diidentikkan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Walau pada kenyataannya bahan bakar minyak juga terkadang digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). PLTD mempunyai ukuran/kapasitas mulai dari 40 kW sampai puluhan MW, namun jika perkembangan pemakaian tenaga listrik melebihi 100 MW, penyedia tenaga listrik (dalam hal ini Perusahaan Listrik Negara / PLN) yang menggunakan PLTD menjadi tidak ekonomis lagi, mengingat unit PLTD yang terbesar di pasaran sekitar 12,5 MW, artinya dibutuhkan unit yang banyak untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik diatas 100 MW.

Prinsip Kerja PLTD

Skema Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Prinsip kerja PLTD adalah dengan menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar High Speed Diesel Oil (HSDO), Intermediate Diesel Oli (IDO), dan Marine Fuel Oil (MFO). Mesin diesel bekerja berdasarkan siklus diesel. Mulanya udara dikompresi ke dalam piston, yang kemudian diinjeksi dengan bahan bakar kedalam tempat yang sama. Kemudian pada tekanan tertentu campuran bahan bakar dan udara akan terbakar dengan sendirinya. Proses pembakaran seperti ini pada kenyataannya terkadang tidak menghasilkan pembakaran yang sempurna. Hal inilah yang menyebabkan efisiensi pembangkit jenis ini rendah, lebih kecil dari 50 %. Namun apabila dibandingkan dengan mesin bensin (otto), mesin diesel pada kapasitas daya yang besar masih memiliki efisiensi yang lebih tinggi, hal ini dikarenakan rasio kompresi pada mesin diesel jauh lebih besar dari pada mesin bensin. Pada prinsipnya terdapat 2 jenis mesin diesel, yaitu :

1. Mesin diesel 4-langkah
2. Mesin diesel 2-langkah

Gambar 1. Prinsip kerja mesin diesel 4-langkah
Keterangan : 
KM : Katub Masuk
KB  : Katub Buang
P     : Pengabut Bahan Bakar
K    : Karter (berisi minyak pelumas dan udara)

Gambar 2. Prinsip kerja mesin diesel 2-langkah
Keterangan :
LM : Lubang Masuk
LB  : Lubang Buang
P     : Pengabut Bahan Bakar
K    : Karter (berisi minyak pelumas dan udara)

Gambar 1, menggambarkan prinsip kerja mesin diesel 4-langkah, dan Gambar 2, menggambarkan prinsip kerja mesin diesel 2-langkah. Secara teoritis, mesin diesel 2-langkah dengan dimensi dan jumlah putaran per detik yang sama dibandingkan dengan mesin diesel 4-langkah, dapat menghasilkan daya 2 kali lebih besar. Hal ini disebabkan karena pada mesin diesel 2-langkah terdapat 1 kali langkah tenaga untuk setiap 2 langkah atau setiap 1 putaran, sedangkan pada mesin diesel 4-langkah, langkah tenaga terjadi langkah setiap 4 langkah atau setiap 2 putaran. Namun dalam praktik, angka 2 kali lebih besar untuk daya yang di dapat pada mesin diesel 2 Langkah tidak tercapai (hanya sekitar1,8 kali). Hal ini disebabkan karena proses pembilasan ruang bakar silinder mesin diesel 2-langkah tidak sebersih pada mesin diesel 4-langkah sehingga proses pembakarannya tidak sesempurna seperti pada mesin diesel  4-langkah. Karena proses pembakaran ini, maka efisiensi mesin diesel 2 langkah tidak bisa sebaik efisiensi mesin diesel 4-langkah. Pemakaian bahan bakarnya lebih boros. Mesin diesel 2-langkah lebih cocok digunakan pada keperluan yang memerlukan penghematan ruangan, seperti pada lokomotif kereta api atau pada kapal laut. Mesin ini disebut sebagai mesin diesel 2-langkah karena dalam setiap langkahnya terjadi satu kali langkah bertenaga dengan dorongan gas hasil pembakaran.

Pengaruh Jumlah Putaran

Untuk keperluan pembangkitan tenaga listrik, umumnya digunakan mesin diesel 4-langkah karena masalah ruangan tidak menjadi soal dan yang lebih penting ialah pemakaian bahan bakarnya lebih hemat. Karena frekuensi yang harus dihasilkan generator harus konstan 50 Hertz atau 60 Hertz, maka putaran mesin diesel harus konstan. Di pasaran, terdapat unit pembangkit diesel dengan putaran (untuk frekuensi 50 Hertz) dari 300 putaran per menit sampai dengan 1.500 putaran per menit (rpm). Untuk daya yang sama makin tinggi nilai rpmnya, makin kecil dimensi unit pembangkitnya dan harganya per kW terpasang juga lebih murah. Tetapi  karena banyaknya bagian yang bergerak pada mesin diesel, makin tinggi nilai rpm mesin diesel, makin sering mesin diesel tersebut mengalami gangguan. Oleh karena itu, untuk unit pembangkit diesel yang harus beroperasi kontinu, lebih baik digunakan pembangkit yang mempunyai nilai rpm rendah. Sedangkan untuk unit pembangkit cadangan, dapat digunakan unit dengan nilai rpm yang tinggi.

Dengan memperhatikan buku petunjuk pabrik, mesin-mesin diesel yang mempunyai nilai rpm rendah, sampai dengan 500 rpm, dapat menggunakan bahan bakar minyak (1313 M) dengan kualitas No. 2 dan No. 3 yang harganya relatif lebih murah daripada bahan BBM kualitas No. 1. BBM untuk mesin diesel yang tersedia di Indonesia disediakan oleh PERTAMINA, yaitu :

Kualitas No. 1  High Speed Diesel Oil, biasa disingkat HSD
Kualitas No. 2  Intermediate Diesel Oil, biasa disingkat IDO
Kualitas No. 3 Marine Fuel Oil, biasa disingkat MFO

Mesin diesel dengan nilai rpm di atas 500 rpm, harus menggunakan HSD. Mesin diesel dengan rpm rendah, sampai dengan 500 rpm, memakai UFO di mana harus dipanaskan terlebih dahulu agar tercapai viskositas yang cukup rendah. apabila menggunakan IDO, maka tidak diperlukan pemanasan terlebih dahulu.

Daya keluaran dari poros mesin Diesel 4-langkah dinyatakan oleh peresamaan berikut ini:

P = S x A x I BEMP x (n / 2 atau 1) x K

dimana :
P  : Daya yang keluar dari poros mesin Diesel [Daya Kuda]
S  : Jumlah silinder
A  : Luas permukaan torak [cm2]
I   : Langkah torak [meter]
BMEP : Brake Mean Effective Pressure = Tekanan rata-rata [kg/cm2]
n  : Jumlah putaran poros per detik [ppd]
2  : Pembagi n untuk mesin Diesel 4-langkah
1  : Pembagi n untuk mesin Diesel 2-langkah
K : Konstanta
satuan =  inchi, mengingat bahwa 1 Daya Kuda = 75 kgm/detik

Dengan memperhitungkan efisiensi generator yang diputar oleh mesin diesel dan mengingat bahwa 1 Daya Kuda = 736 Watt, maka apabila daya keluar mesin diesel diketahui, selanjutnya dapat dihitung daya keluar dari generator yang diputar mesin diesel. Dalam pembangkitan tenaga listrik yang menggunakan mesin diesel, putaran mesin diesel harus konstan agar frekuensi yang didapat dari generator selalu konstan 50 Hz atau 60 Hz sehingga untuk pengaturan daya keluar dari generator, yang dapat diatur hanya nilai BMER. Pengaturan nilai BMEP ini dilakukan dengan mengatur pemberian bahan bakar yang harus diikuti oleh pengaturan pemberian udara. Hal ini disebabkan bahan bakar memerlukan udara untuk pembakaran. Terlalu banyak udara atau terlalu sedikit udara untuk pembakaran menyebabkan pembakaran bahan bakar dalam silinder mesin diesel menjadi tidak efisien. Masalahnya, dalam mesin diesel yang putarannya konstan, perubahan pemberian bahan bakar tidak dapat diikuti oleh perubahan pemberian udara pembakaran secara seimbang sehingga nilai efisiensi maupun nilai BMEP tidak konstan sebagai fungsi beban. Oleh karena itu, unit pembangkit diesel sebaiknya dioperasikan dengan beban konstan yang menghasilkan efisiensi maksimum, yaitu pada kirakira beban 80%.

Dalam perkembangan mesin diesel, pembuat (pabrik) berusaha membuat mesin diesel dengan daya sebesar mungkin tetapi dimensinya sekecil mungkin sehingga dicapai ongkos pembuatan yang serendah mungkin, agar dapat bersaing dalam pasar. Untuk melaksanakan hal ini, para pembuat mesin diesel berusaha menaikkan nilai BMEP dan nilai n. Usaha lainnya adalah menambah jumlah silinder. Dalam praktek mesin diesel paling banyak mempunyai 16 buah silinder.

Operasi dan Pemeliharaan

Umumnya semua unit pembangkit diesel dapat di-start tanpa memerlukan sumber tenaga listrik dari luar (dapat melakukan black start). Men-start mesin diesel dengan daya di bawah 50 kW dapat dilakukan dengan tangan melalui engkol. Untuk daya di atas 50 kW sampai kira-kira 100 kW, umumnya distart dengan menggunakan baterai aki. Sedangkan untuk mesin diesel dengan daya di atas 100 kW, umumnya digunakan udara tekan.

Dari segi pemeliharaan dan perbaikan, unit pembangkit diesel tergolong  unit yang banyak menimbulkan masalah, khususnya yang menyangkut mesin dieselnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya bagian-bagian yang bergerak dan bergesek satu sama lain sehingga menjadi aus dan memerlukan penggantian secara periodik. Untuk itu, diperlukan manajemen pemeliharaan beserta penyediaan suku cadang yang teratur, efektif, dan effisien.
Keuntungan utama penggunaan pembangkit listrik berbahan bakar minyak atau sering disebut dengan PLTD adalah dapat beroperasi sepanjang waktu selama masih tersediannya bahan bakar. Keandalan pembangkit ini tinggi karena dalam operasinya tidak bergantung pada alam seperti halnya PLTA. Mengingat waktu start-nya yang cepat namun ongkos bahan bakarnya tergolong mahal dan bergantung dengan perubahan harga minyak dunia yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun, PLTD disarankan hanya dipakai untuk melayani konsumen pada saat beban puncak.

Investasi awal pembangunan PLTD yang relatif murah, kebutuhan energi di daerah-daerah terisolasi yang mendesak dan kebutuhan energi daerah-daerah yang belum terlalu besar, pemerintah Indonesia berinisiatif membangun PLTD yang berfungsi sebagai base-supply untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah-daerah ini, untuk mengurangi biaya transmisi dan rugi-rugi jaringan dalam menyalurkan energi listrik dari kota terdekat.

Dengan digunakannya bahan bakar konvensional maka adanya kemungkinan pembangkit ini akan sulit dioperasikan di masa depan karena persediaan minyak bumi dunia yang semakin menipis. Harga minyak yang terus meningkat menjadi pertimbangan utama dalam menggunakan pembangkit ini. Harga minyak yang mahal diakibatkan karena pasar minyak dunia yang tidak stabil dan ongkos transportasi untuk membawa minyak tersebut ke daerah yang dituju. Padahal di sisi beban, PLN dipaksa menjual dengan harga murah. Inilah yang menyebabkan PLN bisa dikatakan rugi besar.

1 komentar:

  1. Kepada Yth,

    To :PERUSAHAAN BUMN
    &
    SWASTA NASIONAL
    Di Tempat.

    Up/attn :Pimpinan / Finance Manager (HRD)
    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. JASA MULLYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. JASA MULLYA ABADI .
    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , DINAR , DAN BPD LAMPUNG serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    - JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    - JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    - JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    - JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)

    1. Contractor all risk (CAR)
    2. Conprenshive general liability ( CGL)
    3. Workman compensation liability (WCL)
    4. Automobile liability (AL)
    5. Custom bond
    6. Property all risk (PAR)
    7. Erection all risk ( EAR)
    8. Marine hull insurance (MH)
    9. Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11. KMK (kredit modal kerja)

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards
    ADE RIZKY
    Div. Marketing

    PT. JASA MULLYA ABADI
    (Consultants Bank Guarantee & Insurance)
    Jl. Harapan Mulya IV No. 38, Harapan Mulya –
    Kemayoran Jakarta Pusat
    Telp : 021-4260719 (Hunting)
    Fax : 021-4252048
    Email : adejma98@gmail.com
    Mobile : 0812 8794 5368

    BalasHapus

Popular Posts