Mechanical - Electrical Engineering

Selasa, 09 Desember 2014

Penjadwalan Kerja


Pengertian Penjadwalan

Baker mendefinisikan penjadwalan sebagai proses pengalokasian sumber-sumber untuk memilih sekumpulan tugas dalam jangka waktu tertentu. Jadi penjadwalan berfungsi sebagai alat pengambil keputusan yakni menetapkan jadwal kerja.

Sedangkan arti penjadwalan dalam sistem kerja perawatan merupakan rencana kerja yang tesusun dan saling terkait satu sama lainnya dengan berbasis waktu guna mengefektifkan kerja, sehingga akan diperoleh hasil yang baik. Penjadwalan ini dibuat, dalam bentuk suatu daftar komprehensif dari tugas perawatan, pemeliharaan ataupun perbaikan untuk menghindari dari kerusakan yang akan terjadi. Tujuan dari penjadwalan perawatan adalah:

  1. Meningkatkan utilitas sumber yang dimiliki, meningkatnya utilitas berarti berkurangnya waktu menganggur sumber tersebut.
  2. Mengurangi jumlah pekerja yang menunggu dan jumlah pekerjaan yang terlambat.

Ada dua hal penting dalam penjadwalan perawatan yaitu. Pertama, dalam upaya untuk mengurangi pengaruh interaktif terhadap produksi, dibuatlah suatu cara perawatan terencana yang didefinisikan sebagai pekerja yang terorganisir dan dilakukan dengan pemikiran ke masa datang, berikut pengendalian dan pencatatan. Suatu sistem perawatan terencana, dalam pengelolaannya disediakan peralatan yang secara teknis dan ekonomis mengarah pada pengendalian operasional, dengan tujuan meningkatkan standar perawatan dan efisiensi. Sehingga penjadwalannya dibuat, dalam bentuk suatu daftar komprehensif dari tugas perawatan, pemeliharaan ataupun perbaikan untuk menghindar dari kerusakan yang akan tejadi. Kedua, pada pekerjaan perawatan yang sifatnya proyek perbaikan penjadwalan dibuat berbasis waktu.

Jadwal Perawatan Tahunan

Dalam sistem perawatan terdapat empat katagori yang merupakan tahapan dasar dalam melakukan pekerjaan perawatan, yaitu Inspeksi (I/Inspection), Reparasi Kecil (S/Small Repair), reparasi Menengah (M/Medium Reparation), dan Perbaikan Menyeluruh (C/Complete Repair). Penjadwalan perawatan bisa mengikuti urutan yang harus didefinisikan secara benar pada sistem/equipment tertentu.

1. Jadwal Perawatan Pencegahan

a. Perawatan Pencegah

Pengertian dari perawatan pencegahan adalah perawatan yang dilakukan sebelum terjadi kerusakan mesin. Dengan demikian perawatan pencegahan dilaksanakan dengan tujuan untuk mencegah timbulnya gangguan yang dapat menyebabkan mesin berhenti tanpa direncanakan. Perencanaan perawatan pencegahan biasanya disusun secara lengkap dalam program perawatan, dan perawatan pencegahan ini mempunyai empat bagian uatama, yakni:

  • Daftar perawatan utama, adalah catatan tentang daftar seluruh kegiatan perawatan pencegahan mesin di dalam pabrik.
  • Daftar perawatan secara rutin, yaitu catatan tentang daftar seluruh kegiatan perawatan rutin dari mesin tanpa perencanaan khusus.
  • Kartu-kartu perawatan pencegahan, merupakan catatan tentang daftar kegiatan seluruh kegiatan perawatan mesin dengan dilengkapi perencanaan khusus.
  • Instruksi, yang merupakan petunjuk pelaksanaan perawatan mesin dengan tindakan yang spesifik.

b. Jadwal perawatan rutin

Tujuan utama dari jadwal perawatan adalah untuk digunakan merencanakan lingkup, jenis, dan jadwal pelaksanaan perawatan rutin dan sebagai alat kontrol dalam mengevaluasi hasil kegiatan perawatan.

Jadwal ini pada umumnya digunakan pada strategi perawatan pencegahan, dokumen penting yang digunakan antara lain seperti kartu-kartu perawatan.

"To Be Continue"

0 komentar:

Posting Komentar