Mechanical - Electrical Engineering

Hosting Unlimited Indonesia

Senin, 14 Oktober 2013

Kabel Optik

Kabel Optik berbeda dengan kabel metalik, kabel optik ukurannya kecil, kurang lebih 3 cm, dan lebih ringan sehingga instalasi kabel optik dapat dilakukan melalui beberapa span secara sekaligus. Panjang kabel optik dalam satu haspel biasanya mencapai 2 s/d 4 km. Pada saat ini untuk mengatasi keterbatasan kapasitas kabel tembaga, maka pembangunan junction menggunakan kabel optik jenis single mode.

Ada dua jenis pengemasan kabel optik, yaitu :

  1. Pipa Longgar (Loose Tube), Serat optik ditempatkan di dalam pipa longgar yang terbuat dari bahan PBTP (Polybutylene Terepthalete) dan berisi jelly. Saat ini sebuah kabel optik maksimum mempunyai kapasitas 8 loose tube, dimana setiap loose tube berisi 12 serat optik.
  2. Alur (Slot), Serat optik ditempatkan pada alur (Slot) di dalam silinder yang terbuat dari bahan PE (Polyethylene). Di Jepang saat ini telah membuat kabel jenis slot dengan kapasitas 1000 dan 3000 serat.
Penampang Kabel Optik jenis Loose Tube
Penempang Kabel Optik jenis Slot

Berdasarkan konstruksinya kabel optik terdiri dari :

  • Kabel duct
  • Kabel tanah
  • Kabel atas tanah
  • Kabel laut
  • Kabel rumah
Konstruksi Dasar Kabel Optik Duct
Konstruksi Dasar Kabel Optik Bawah Tanah
Konstruksi Dasar Kabel Optik Atas Tanah
Konstruksi Dasar Kabel Optik Rumah 2 s/d 6 Fibres
Konstruksi Dasar Kabel Optik 8 s/d 10 Fibres

Bagian-bagian dan fungsi kabel optik jenis loose tube


Loose tube, berbentuk tabung longgar yang terbuat dari bahan Polybutylene Terepthalete yang berisi Thixotropic gel dan serat optik ditempatkan didalamnya. Konstruksi loose tube yang berbentuk longgar tersebut mempunyai tujuan agar serat optik dapat bebas bergerak, tidak langsung mengalami tekanan atau gesekan yang dapat merusak serat pada saat instalasi kabel optik. Thixotropic gel adalah bahan semacam jelly yang berfungsi melindungi serat dari pengaruh mekanis dan juga untuk menahan air. Sebuah loose tube dapat berisi 2 sampai 12 serat optik, dan di dalam kabel optik dapat berisi 6 samapai 8 loose tube.

HDPE Sheath (High Density Polyethylene Sheath), yaitu bahan sejenis plyethylene keras yang digunakan sebagai kulit kabel optik dan berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi serat optik dari pengaruh mekanis pada saat instalasi.

Alumunium Tape atau lapisan aluminium, ditempatkan diantara kulit kabel dan water blocking, berfungsi sebagai konduktivitas elektris dan melindungi kabel dari pengaruh mekanis.

Flooding Gel, adalah bahan campuran petroleum, synthetic, dan silicon yang mempunyai sifat anti air. Flooding gel merupakan bahan pengisi yang digunakan pada kabel optik agar kabel menjadi padat.

PE Sheath, adalah bahan polyethylene yang menutupi bagian central strength member.

Central Strength Member, adalah bagian penguat yang terletak di tengah-tengah kabel optik dan merupakan pilinan kawat baja atau Solid Steel Core atau Glass Reinforced Plastic. Central Strength Member mempunyai kekuatan mekanis yang tinggi yang diperlukan pada saat instalasi.

Pheriperal Strain Elements, terbuat dari bahan polyramid yang merupakan elemen pelengkap optik yang diperlukan untuk menambah kekuatan kabel optik. Polyramid mempunyai kekuatan tarik yang tinggi.

Bagian-bagian dan fungsi kabel optik jenis slot

Kulit Kabel, terbuat dari bahan sejenis polyethylene keras, berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi serat optik dari pengaruh mekanis saat instalasi.

Alur (slot), terbuat dari bahan polyethylene yang berfungsi untuk menempatkan sejumlah serat. Untuk kabel optik jenis slot dengan kapasitas 1000 serat, diperlukan 13 saluran (slot) dan 1 slot berisi 10 fiber ribbons, 1 fiber ribbon berisi 8 serat.

Central Strength Member, adalah bagian penguat yang terletak ditengah-tengah kabel optik. Central Strength Member mempunyai kekuatan mekanis yang tinggi yang diperlukan pada saat instalasi.

Karakteristik mekanis kabel optik

Fiber Bending (Tekukan Serat), tekukan serat yang berlebihan (terlalu kecil) dapat mengakibatkan bertambahnya optical loss.

Cable Bending (Tekukan Kabel), tekukan kabel pada saat instalasi harus dijaga agar tidak terlalu kecil, karena hal ini dapat merusak serat sehingga menambah optical loss.

Tensile Strength (Daya Rentang), Tarikkan yang berlebihan dapat merusak kabel atau serat.

Impact (Benturan), adalah beban dengan berat tertentu yang dijatuhkan dan mengenai kabel optik. Berat beban yang berlebihan dapat mengakibatkan serat retak atau patah, sehingga dapat meningkatkan optical loss.

Cable Torsion (Pilinan/Puntiran), Torsi yang diberikan kepada kabel dapat merusak selubung kabel dan serat optik.

Spesifikasi Kabel Optik


Jumlah Fiber pada 6 Loose Tube
Jumlah Fiber pada 8 Loose Tube
Copper Conductor
Kode Warna Serat
Kode Warna Tabung

Tanda Pengenal Kabel Optik

Kabel optik harus diberi tanda pengenal yang tidak mudah hilang yang tertera pada kulit kabel disepanjang kabel. Adapun tanda pengenal tersebut meliputi :

Nama pabrik pembuat
Tahun pembuatan
Tipe serat optik
  • SM (Single Mode)
  • GI (Graded Indeks)
  • SI (Step Indeks)
Pemakaian kabel optik
  • D (Duct)
  • A (Aerial)
  • B (Buried)
  • S (Submarine)
  • I (Indoor)
Jenis kabel optik
  • LT (Loose Tube)
  • SC (Slotted Core)
  • TB  (Tight Buffered)
Struktur penguat
  • SS (Solid Steel Core)
  • WS (Standart Wire Steel)
  • GRP (Glass Rainforced Plastic)

Panjang tanda pengenal kabel termasuk nama pabrik dan tahun pembuatan adalah satu meter. 

Contoh :

SM-D-LT SS6-3T 2Q, adalah tanda pengenal kabel optik single mode untuk pemakaian duct dengan jenis loose tube, struktur penguatnya Solid State Core, jumlah serat adalah 6 dengan 3 buah Loose Tube dan juga mempunyai 2 qual kabel tembaga.

3 komentar:

  1. terimakasih artielnya dah diposting bang, masih boleh request lagi bang?? kalau boleh request tentang grounding system gardu induk, tugas dari pak Gassing,,hehehe

    BalasHapus
  2. Yup2..nnti sy postkn..dtunggu sja.. :D

    BalasHapus
  3. bener2 usefull nih poastingan gan request buat kabel khusus backbone dan sub marine soalnya setahu saya yg backbone gpon 12 tube tp ane blum tahu spesifikasinya gan
    makasih sebelumnya ya,salam telekomunikasi wassalamu'alaikum

    BalasHapus