Mechanical - Electrical Engineering

Selasa, 15 November 2011

Gardu Induk Sistem Rel


Rel (Busbar) merupakan titik hubung pertemuan (connecting) antara Transformator Daya, SUTT/SKTT dengan komponen listrik lainnya, untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik. Berdasarkan sistem rel (busbar), Gardu Induk di bagi menjadi beberapa jenis, sebagaimana tersebut dibawah ini :

Gardu Induk Sistem Ring Busbar
Gardu induk sistem ring busbar adalah gardu induk yang busbarnya berbentuk ring. Pada gardu induk jenis ini semua rel atau busbar yang ada, tersambung (terhubung) satu dengan yang lainnya dan membentuk ring (Cincin).
Gardu Induk Sistem Ring (Cincin)

Gardu Induk Sistem Single Busbar
Gardu induk sistem single busbar adalah gardu induk yang mempunyai satu (single) busbar. Pada umumnya gardu dengan sistem ini adalah gardu induk yang berada pada ujung (akhir) dari suatu sistem transimisi. 

Gardu Induk Sistem Single Busbar
Gardu Induk Sistem Double Busbar
Gardu induk sistem double busbar adalah gardu induk yang mempunyai dua (double) busbar. Gardu induk double busbar sangat efektif untuk mengurangi terjadinya pemadaman beban, khususnya pada saat melakukan perubahan sistem (manuver sistem). Jenis gardu induk ini yang banyak digunakan.

Gardu Induk Sistem Double Busbar

Gardu Induk Sistem On Half Busbar
Gardu induk sistem satu setengah (on half) busbar adalah gardu induk yang mempunyai dua (double) busbar. Pada umumnya gardu induk jenis ini dipasang pada gardu induk dipembangkit tenaga listrik atau gardu induk yang berkapasitas besar. Dalam segi operasional, gardu induk ini sangat efektif karena dapat mengurangi pemadaman beban pada saat dilakukan perubahan sistem (manuver system). Sistem ini menggunakan tiga buah PMT dalam satu diagonal yang terpasang secara deret atau seri.

Gardu Induk Sistem On Half Busbar


0 komentar:

Posting Komentar